Kamis, 09 September 2021

Antara Kewajiban dan Manfaat Sertifikat Halal dalam Membangun Bisnis UMKM

Antara Kewajiban dan Manfaat Sertifikat Halal dalam Membangun Bisnis UMKM

 


Jakarta - Dimasa pandemik ini, terasa sekali perhatian seluruh energi bangsa tercurah dalam penanggulangan pandemik di sektor Kesehatan, sehingga faktor ekonomi seolah kurang terpinggirkan, dan hal ini berdampak kepada daya beli dan perputaran uang dikalangan masyarakat menurun.

MUI DKI, khususnya Bidang Ekonomi melihat ada hal yang juga urgent yaitu mengembalikan perhatian kepada masalah ekonomi, terutama dalam membangun Kembali UMKM yang sekarang sedang terserak diterpa badai pandemi.

 “Webinar ini diharapkan akan mempersiapkan UMKM dalam menghadapi pandemik dan panca pandemik, karena jika tidak dibantu maka percepatan pertumbuhan UMKM akan terhambat.” Demikian Ujar KH Munahar Muchtar, Ketua Umum MUI DKI dalam sambutannya.

“Kewajiban untuk bersertifikasi halal, sejalan dengan manfaat yang diperoleh, yaitu membangun kepercayaan masyarakat bahwa produk yang dihasilkan halal dan dapat dipasarkan dengan baik ke masyarakat luas”. Demikian imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Bidang Ekonomi, Drg. Deden Edi S, MM. menyampaikan, bahwa saat ini adalah saat yang tepat dalam mempersiapkan UMKM untuk naik kelas, yaitu melengkapi usahanya dengan legalitas juga sertifikat halal nya, sehingga Ketika pasar sudah pulih dan sertifikat halal sudah siap, menjadikan UMKM siap bersaing dan dan lebih berani ber ekspansi di pasar.

“Alhamdulillah, hampir lebih dari 300 orang peserta antusias dalam mengikuti webinar perdana dari Jakarta Halal Center ini”. 

Mochamad Sutarsono, ST. MT yang selaku narasumber juga menyampaikan bahwa “Undang-undang nomor 33 tahun 2014 telah disahkan dan PP nomor 31 tahun 2019 telah ditetapkan maka kewajiban pengusaha terutama yang bergerak di bidang minuman, makanan dan kosmetik, harus memperlengkapi produknya dengan sertifikat halal sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman saat mengkonsumsi nya.” Demikian pungkasnya.

“Jakarta Halal Center nantinya diharapkan akan menjadi wadah berkumpulnya UMKM dibawah MUI DKI yang dapat memberikan kontribusi kepada para pelaku usaha khususnya UMKM dalam memberikan pelatihan terkait proses sertifikasi halal dan juga Jakarta Halal Center diharapkan mampu menghimpun dan membangkitkan semangat UMKM dalam menjalankan usahanya.” Demikian ujar deden, yang juga sebagai penggagas terbentuknya Jakarta Halal Center. (Red)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Daily News | All Right Reserved