Sabtu, 17 April 2021

Harus Ada Tujuan, Bisnis Tak Cukup Hanya Semangat

  Harus Ada Tujuan, Bisnis Tak Cukup Hanya Semangat


DAILY NEWS ■ Perkembangan dunia usaha makin beragam sementara pandemi Covid-19 membuat seseorang harus menggali lebih dalam segala potensi yang ada, termasuk pengembangan bisni atau usaha yang dijalani untuk bertahan hidup.

Santika Putri Sharavasti Yudoasmara pemilik label skincare ‘Madmoisha’, pada Rabu (14/4/2021) menuturkan dalam berbisnis semangat dan modal saja tak cukup. Seseorang harus siap untuk mempunyai visi dan tujuan yang ingin dicapai.

“Jangan takut bermimpi, dan jangan ragu untuk merealisasikannya. Kerja keras tanpa memiliki tujuan tidak akan membawa kita kemana-mana. Maka sebelum memulai bekerja, kita harus menetapkan target atau tujuan ingin kita capai,” ujar Shara sapaan akrabnya.

Sebagai pebisnis di usia belia ia dituntut harus terus memiliki  inovasi produk supaya selalu mendapat respon bagus dari para pelanggannya.

Ditambahkan saat memulai bisnisnya dari nol. Berbekal uang tabungan yang tak seberapa, ia nekad menjual skincare dan kosmetika dari Thailand. Bidang kecantikan itu menjadi fokusnya sejak awal.

Dua tahun kemudian ia berani membuat produk sendiri, dan sejak itu makin meluas pemasarannya. Produk-produk Madmoisha pun digunakan oleh beberapa artis ternama.

“Inovasi juga tak boleh berhenti, apalagi makin ketatnya persaingan. Banyak yang terjun dalam bisnis skincare dan kosmetika. Banyak ide bisa diserap dari berbagai sumber, termasuk juga menambah wawasan dengan membaca tentang kisah perjalanan para pebisnis sukses,” tegasnya.

Tak hanya bertambahnya wawasan, lanjutnya, tapi juga kisah-kisah sukses itu punya sesuatu yang dapat meningkatkan motivasi kita agar sukses juga dalam berbisnis. Hal itu pun dilakukan oleh mereka yang sukses, dengan membaca kisah pebisnis lainnya yang berhasil sebelum dirinya.

Sharavasti juga tidak khawatir dengan makin maraknya bisnis serupa. Baginya, masing-masing mempunyai jalan dan rejekinya.

“Jika hanya fokus kepada kompetitor itu hanya memakan waktu dan tidak dapat mengentaskan permasalahan dalam jangka panjang. Lebih baik kita fokus membahagiakan pelanggan dengan produk dan pelayanan,” pungkasnya.  

sumber : krjogja.com

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Daily News | All Right Reserved